Pembangunan Infrastruktur di Desa Sukasari Dituntaskan Tahun Ini
Minggu, 02 Mei 2021 12:42:40
DESA SUKASARI
Pembangunan Infrastruktur di Desa Sukasari Dituntaskan Tahun Ini

Pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus rencana pembangunan Desa Sukasari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang. Proyeksi Pemerintah Desa Sukasari, rampung dalam tahun ini. Pemerintah desa baru membangun jalan, saluran pembuangan air limbah (SPAL), drainase, dan turap di 30 titik di desanya pada 2018.

Alhamdulillah, pembangunan infrastruktur di 2018 berjalan lancar dan sesuai dengan rencana pembangunan. Tersebar di 25 rukun tetangga (RT) dan tujuh kampung. yakni Kampung Bolang, Rawabolang, Jatigemblok, Sarakan 04, Sarakan 03, dan Sarakan 01,” ungkap Kepala Desa Sukasari Mukhlis di ruang kerjanya.

Mukhlis menerangkan, pembangunan fisik tersebut dilaksanakan dengan menggunakan Dana Desa, bantuan APBD Kabupaten Tangerang, bantuan keuangan Pemprov Banten, serta dari Pemerintah Kecamatan Rajeg. ”Sedangkan bentuk pembangunan direalisasikan dalam bentuk paving block, betonisasi jalan, saluran air, turap, dan SPAL,” terangnya.

Penuntasan pembangunan infrastruktur tahun ini, sesuai hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Sukasari, tahun 2018. Antara lain, membangun jalan dengan paving block dan SPAL di beberapa titik yang di dusun-dusun yang belum tersentuh.

 ”Kami juga akan membangun Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) menggunakan Dana Desa dan dana APBN sekitar Rp350 juta, dengan ADD (Alokasi Dana Desa)-nya sepuluh persen, kurang lebih Rp35 jutaan,” tutur Mukhlis.

Nantinya, PAMSIMAS tersebut akan dikelola melalui badan usaha milik desa (BUMDes). ”Semoga, adanya PAMSIMAS ini bisa bermanfaat untuk warga desa dan mampu memenuhi kebutuhan air di kehidupan sehari-hari,” tutup Mukhlis.

Desa ini memiliki luas wilayah 328.034 hektare dengan jumlah penduduk 8.885 jiwa. Penduduk laki-laki 4.566 jiwa dan perempuan 4.319 jiwa.

Wilayah perbatasan Desa Sukasari, di sebelah Utara dengan Desa Pisanganjaya di Kecamatan Sepatan, sebelah Selatan dengan Desa Pangadegan dan Kelurahan Sindangsari di Kecamatan Pasarkemis, sebelah Barat dengan Desa Mekarjaya di Kecamatan Sepatan, dan sebelah Timur dengan Desa Mekarsari di Kecamatan Rajeg

155
Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2022

Data belum diinput

APBDes 2021

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2021

Data belum diinput